TVPChannel.Co.id, Tanjungpandan —
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang (Kanca) Tanjungpandan gelar sosialisasi budaya pelayanan prima kepada seluruh petugas Lapas Tanjungpandan bertempat di Aula Lapas setempat, Selasa (22/07).
Kegiatan terserbut hadir langsung Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan, Gowim Mahali dan Pimpinan Cabang BRI Tanjungpandan yang diwakili Supervisor Layanan Kas, Riski Nugraha. Kalapas Gowim Mahali menyampaikan terimakasih kepada BRI Cabang Tanjungpandan yang telah memberikan sosialisasi kepada seluruh petugas Lapas Tanjungpandan.
"Kami mohon tips dan masukannya sehingga Lapas Tanjungpandan dapat mewujudkan pelayanan prima dalam peningkatan kualitas pelayanan publik serta menjadi institusi yang memiliki citra positif di masyarakat," ungkapnya.
Sosialisasi budaya pelayanan prima menghadirkan Berthania Front Linner Kanca Tanjungpandan yang menyampaikan kiat-kiat memberikan excellent service kepada pengguna layanan. Selain itu jga disajikan materi terkait gromming dan handling complain.
"Dalam memberikan pelayanan kepada pengguna layanan, ha! yang menjadi dasar adalah senyum, sapa, dan salam serta personal touch. Petugas harus bisa memberikan informasi detail kepada pengguna layanan dan mengarahkan pengunjung sesuai kebutuhannya," jelasnya.
Bertha juga menyampaikan informasi mengenai handling complain saat terjadi benturan dengan pengguna layanan. "Dalam menghadapi complain dari pengguna layanan, petugas harus bersikap tenang, menunjukkan emphati, dan mampu mengajukan solusi atas permasalahan yang terjadi," imbuhnya.
Setelah diberikan pemahaman yang lebih dalam tentang budaya pelayanan prima, diadakan pula sesi tanya jawab di mana petugas Lapas Tanjungpandan dengan semangat menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan publik. Pembicara pun dengan cekatan menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan.